Minggu, 16 September 2012

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN


MODUL SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN


Sebelum masuk ke dalam sistem, Anda harus login terlebih dahulu sesuai dengan username dan password Anda (gambar 1).

Gambar 1
user:admin
pass:admin123

Jika username dan password benar, maka akan muncul tampilan awal sistem informasi perpustakaan  (gambar 2).

Gambar 2
 

Terdapat empat menu dalam form utama ini, yaitu Pencarian, Sirkulasi, Pengaturan, dan Close. Di dalam menu Pencarian, terdapat Katalog  untuk membuka form Pencarian Katalog Buku (gambar 3).

Gambar 3

Dalam Form Pencarian Buku ini (gambar 4), terdapat empat kategori pencarian yaitu Kode Buku ( no. Referensi), Judul Buku, Pengarang dan Penerbit. Setelah memilih salah satu kategori pencarian, masukkan kata kunci dan klik tombol “Cari (Enter)”. Jika ingin mengembalikan tampilan grid ke bentuk semula, klik tombol “Refresh”.

Gambar 4
 
Menu Pengaturan (gambar 5) digunakan untuk mengatur data-data berkenaan dengan sirkulasi perpustakaan. Menu Pengaturan ini terdiri dari pengaturan Anggota, Buku, Admin serta beberapa menu tambahan.
            Gambar 5

Menu Buku merupakan menu yang digunakan untuk memanipulasi data buku. Sebelum memasukkan data buku, terlebih dahulu dimasukkan data Penerbit dan Sumber Buku. Data Penerbit dapat diatur dengan mengklik tombol “Penerbit” sehingga muncul Form Pengaturan Penerbit. Sedangkan, Sumber Buku dapat diatur melalui Pengaturan Sumber Buku dengan mengklik tombol “Sumber”.

Gambar 6

Manipulasi data ini meliputi penambahan data, pengubahan data, dan penghapusan data. Untuk penambahan data, klik tombol “Buku”, dan akan muncul form untuk memasukkan data baru (gambar 6). Untuk mengubah dan menghapus data, dooble klik pada data yang dimaksud.


Gambar 7

Gambar 8

Gambar 8 merupakan form untuk memasukkan data buku. Bila data selesai dimasukkan, klik tombol “Save” (Ctrl+S).         

Form Edit Buku merupakan form yang digunakan untuk mengubah data buku dan menghapus data buku yang diinginkan. Untuk mengubah atau menghapus data buku tersebut anda harus mengisi No. Refrensi terlebih dahulu. Setelah selesai diisi klik tombol “Enter” pada keyboard maka akan muncul secara otomatis data yang akan di uah. No. Referensi tidak dapat diubah, sedangkan data yang lain dapat diubah. Setelah perubahan selesai, klik tombol “Save” (Ctrl+S), untuk menghapus klik tombol “Delete” (Menu Delete).
           
Gambar 9

Di dalam form Pengaturan Buku (gambar 10) terdapat fasilitas pencarian untuk mencari data berkenaan dengan Judul, Pengarang, dan Penerbit. Pilih kategori pencarian, masukkan kata kunci pencarian, dan klik tombol “Cari”.

Gambar 10
Gambar 11 menunjukkan form untuk memanipulasi data Barcode pada buku. Panjang karakter setiap Barcode berjumlah 10 karakter dengan ketentuan 8 karakter pertama adalah no. referensi buku dan 2 karakter terakhir adalah no. urut buku yang memiliki no. referensi yang sama.
Masukkan nomor barcode dan no. referensi yang berkenaan dengan barcode tersebut.  Tekan tombol “Enter” pada keyboard setelah no. referensi dimasukkan. Jika no. referensi terdapat dalam database, secara otomatis, sistem akan menampilkan data yang terkait dengan buku yang dimaksud. Klik tombol “Save” (Ctrl+S) dan data barcode yang baru akan terlihat pada grid sebelah kanan.
Untuk mengubah dan menghapus barcode, cukup isi barcode dengan benar lalu tekan tombol “Enter” pada keyboard akan muncul secara otomastis data yang akan di ubah, juga  akan aktif tombol “Edit” dan “Delete” untuk menyimpan data yang sudah di ubah cukup klik tombol Ctrl+S pada keyboard atau icon “Pensil” , untuk menghapus klik tombol “Delete”(File+Delete)

Gambar 11

Untuk menambah penerbit cukup pilih menu file “New” (Ctrl+N) untuk mengubah atau menghapus cukup pilih menu edit maka akan muncul no penerbit secara otomatis, isi id penerbit kemudian tekan tombol “Enter” pada keyboar, maka akan muncul data yang akan di ubah. Pilih menu file “Save” (Ctrl+S) untuk menyimpan dan sebaliknya untuk menghapus pilih menu file “Delete”
Gambar 12

Form Penerbit ini (gambar 12) digunakan untuk mengatur data para penerbit. Karena merupakan salah satu unsur penting dalam pendataan buku, maka setiap kali terjadi penambahan, pengubahan, dan penghapusan data penerbit, akan berpengaruh pada data buku.     

Pada gambar 13, diperlihatkan form sumber buku. Form ini akan menampung sumber-sumber tersedianya buku. Data sumber buku juga berpengaruh dalam data buku-buku perpustakaan.

Gambar 13

Sebelum memasukkan data anggota perpustakaan, terlebih dahulu dimasukkan data kategori anggota (gambar 14). Pengkategoriannya dilakukan oleh petugas perpustakaan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Di dalam form ini, terdapat masukan untuk batas waktu pengembalian dan denda per hari yang dikenakan bila terlambat mengembalikan.     

Gambar 14

Gambar 15 menunjukkan form Anggota yaitu form yang digunakan untuk menyimpan data para anggota perpustakaan. Sebelum terjadi proses sirkulasi, data para anggota harus sudah dimasukkan karena menjadi kunci atau syarat dimulainya sirkulasi peminjaman.

Gambar 15

Manipulasi data, seperti menambah (perhatikan anak panah), mengubah (dooble click data yang dimaksud), dan menghapus data anggota, dapat dilakukan seperti pada proses form-form yang telah dibahas sebelumnya.


Mencetak Kartu
           
Setelah selesai menginput data anggota perpustakaan seluruhnya anda harus mencetak kartu anggota tersebut. Karena kartu tersebut sebagai bukti bahwa anggota tersebut sudah didaftar. Untuk mecetak kartu anggota buka menu anggota “Cetak kartu” maka akan muncul seperti dibawah ini




Tombol Print




SIRKULASI

Terdapat 2 proses sirkulasi dalam perpustakaan yaitu peminjaman dan pengembalian buku. Untuk memulai proses peminjaman, dapat diklik tombol “Masuk” pada kotak Peminjaman pada form utama atau pada menu “Sirkulasi”.

Form yang muncul pertama kali adalah Form Input ID Anggota (gambar 15). Form ini meminta petugas perpustakaan memasukkan nomor induk siswa setiap kali ada siswa yang akan meminjam buku.


Gambar 16

Setelah petugas perpustakaan memasukkan ID Anggota,  klik tombol “OK”. Jika ingin membatalkan, klik tombol “Batal”.

Gambar 17
Jika ID Anggota terdaftar, maka akan muncul tampilan form Sirkulasi Peminjaman. Klik tombol “Tambah” untuk memulai proses peminjaman buku, dan akan muncul form baru yang digunakan untuk memasukkan barcode buku yang dipinjam. Demikian selanjutnya untuk buku lain yang akan dipinjam. Klik tombol “Close” untuk keluar dari form Sirkulasi Peminjaman atau akan memasukkan data peminjaman buku anggota yang lainnya.

Di form ini juga dapat mengembalikan buku yan dipinjam oleh ID tersebut, caranya dooble click buku yang akan di kembalikan, maka akan muncul otomatis tombol “kembali” untuk membatalkan pengembalian buku klik tombol “Refresh” maka pengembalian akan dibatalkan
Gambar 18

Untuk sirkulasi pengembalian, klik tombol “OK” pada kotak pengembalian pada form utama atau pada menu “Sirkulasi”. Petugas perpustakaan cukup memasukkan barcode buku yang dikembalikan pada form Barcode (gambar 18) dan sistem akan menampilkan data peminjam

 Gambar 19
  

Gambar 20

Buku yang akan dikembalikan cukup klik tombol “Kembali” sedangkan untuk memperpanjang buku cukup klik tombol “Perpanjang”. Untul melihat jumlah denda cukup melihat pojok sebelah kanan bawah (yang disorot anak panah)


PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN

Form Pengunjung ini (gambar 21)  meminta kode anggota sebagai masukan. Proses pemasukan dapat dimasukkan langsung oleh pengunjung sendiri maupun melalui petugas perpustakaan.

Password tutup “3ttt”
Gambar 21




LAPORAN

Terdapat 4 jenis pelaporan yaitu laporan pengunjung, laporan sirkulasi, laporan denda, dan grafik (menu grafik pengunjug). Laporan pengunjung (Gambar 21) menunjukkan rekapitulasi jumlah pengunjung per bulan. Pilih bulan dan tahun yang diinginkan. klik “Cetak” untuk melakukan pencetakan pada kertas
           



Tombol Print

Gambar 21

Demikian juga untuk pelaporan sirkulasi (gambar 22). Dalam laporan sirkulasi ini, diberikan data rekapitulasi total peminjaman per buku dan data peminjaman buku per anggota. Sedangkan untuk pelaporan denda (Gambar 23) hanya menampilkan data buku yang terkena denda tidak terhitung nol (0).

                            
Gambar 22

Untuk laporan dalam bentuk grafik (Gambar 23), menampilkan  jumlah pengunjung perpustakaan per bulannya.


Gambar 23




Silahkan Download programnya Disini secara gratis 
Download Setup odbc 3.51. 23 Disini
Download appserv-win32-2.5.10. Disini 
Download mysql-gui-tools-5.0-r10-win32 Disini




0 komentar:

Poskan Komentar